Cara Membuat Sarung Stoller dengan Mudah

Bunda bingung liat stoller sarungnya kucel dan kumel? Pingin beli sarung stoller tapi dompet menipis atau pingin hemat?

Tenang aja Bun. Saya akan coba berbagi, ceritanya kemarin sore saat Mas Gibran lelap juga hujan turun begitu indahnya. Dahi saya mengeryit lantaran baru menyadari kalau bantalnya (tempat kursi stoller) Mas Gibran kucel dan kumel.

Saya jadi inget pernah liat ke toko peralatan bayi bahwa harga sarung stoller itu bisa mencapai 150ribuan. Liat dompet ini sudah masuk tanggal tua. “Sayang kalau mesti ngeluarin uang, lebih baik ditabung atau digunakan untuk hal lainnya”.

Nah gimana caranya? Langsung aja kita ke TKP

  1. Cari kain atau kerudung bekas yang tidak terpakai. Di sini berhubung stollernya Mas Gibran berwarna ungu, maka saya ambil kerudung yang tidak terpakai berwarna ungu.
  2. Ambil bantal stoller dan bawa kerudung atau kain bekas di atas bantal tersebut (ukurlah)
  3. Jahitlah menggunakan mesin jahit, sesuaikan dengan arah dan benruknya kasih jarak kira-kira 10 cm dari tepi. Jika Bunda belum memiliki mesin jahit, Bunda bisa gunakan jarum kecos.

  • Taraa….. sarung bantalnya sudah jadi. Pasti bangga kaan Bunda kalau buatan sendiri.
    Bagaimana Bun, di coba yuk 🙂
Continue Reading

Menjadi Mompreneur Siapa Takut?

Perubahan zaman sekarang tak dapat dipungkuri semakin cepat seiring dengan adanya teknologi salahsatunya adalah intenet. Hampir sebagian orang memiliki gadget berbasis android.

Persaingan golalisasi semakin ketat. Kalau kita tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan ini pasti dengan cepatnya tertinggal. Salahsatunya adalah dalam perekonomian.

Wanita zaman sekarang berbeda dengan wanita zaman dahulu. Dahulu wanita hanya berada di dapur dan mengurusi rumah tangga. Kini  banyak wanita yang sudah menikah berkarir selain menjadi Ibu Rumah Tangga.

Moms bisa berkarir tanpa meninggalkan tugas utama kita, salah satunya adalah menjadi Mompreneur.

gbr. extraordinarymompreneurcommunity

Apa itu Mompreneur?

Mompreneur sendiri berasal dari dua kata yaitu “mommy (ibu)” dan entrepreneur (wiraswasta). Artinya mompreneur adalah suatu sebutan yang ditujukan pada seorang ibu rumah tangga yang memiliki dan mengelola usahanya sendiri.

Dengan adanya Mompreneur ini diharapkan bisa menjadi pendorong dan memajukan perekonomian Indonesia terlebih sekarang sudah memasuki MEA.

Ternyata banyak manfaat yaa Moms menjadi Mompreneur diantarnya:

  1. Dapat menambah penghasilan dan bisa membantu suami
  2. menambah kepercayaan diri
  3. melatih kita lebih cekatan
  4. menambah kreatif
  5. menambah relasi
  6. meminalisir stres tentang masalah keuangan
  7. Ikut serta membantu perekonomian keluarga

Selain itu, dengan menjadi Mompreneur kita dapat membuat anak untuk tergerak bisa berwirausaha.

Bagaimana Moms? di coba yuk menjadi Mompreneur dengan memanfaatkan gadget dan internet..:)

 

Continue Reading

Kursus Menjahit, Yuk

Entah mengapa semenjak ada Gibran mendadak saya jadi kepingin bisa menjahit. Saya ceritain ke Bapaknya, ya ia manggut-manggut aja. Katanya, “Selama itu positif, apa yang ingin bunda lakukan yaa lakukan aja”.

Dia bertanya,”Kenapa bunda mendadak pingin bisa menjahit?”

“Sederhana sih ayah, bunda pingin buatin Gibran sama ayah dengan tangan bunda sendiri :D”
Dia senyum kecil.
Berbicara soal menjahit ternyata bun kalau kita bisa menjahit ternyata banyak manfaatnya loh, diantaranya:

    1. Menghemat biaya, lumayan kan bun uangnya bisa buat ditabung atau beli lipstick he
    2. Menambah ilmu keterampilan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diriseseorang.
    3. Menambah rasa bangga. Siapa sih yang gak bangga jika kita bisa buatkan baju untuk si kecil juga suami kita, terlebih baju itu di pakai. Wah rasanya seneng sekali yaa.. meskipun tidak sehebat tailor.
    4. Membuat waktu menjadi produktif yaitu memanfaatkan waktu luang
    5. Menghilangkan stress
    6. Meningkatkan kreatifitas
    7. Meningkatkan konsentrasi dan dapat meminimalisir kepikunan
    8. Menambah penghasilan. Ya, ini nilai plusnya siapa tahu ada yang kecantol memakai jasa kita hehe.. wuahh lipstick jadi nambah banyak deh.
foto http://kursusjogja.com

Bunda yang sama sekeinginan dengan saya khususnya di wilayah Rancaekek dan sekitar cicalengka ada beberapa lembaga yang menyediakan jasa menjahit diantarnya:

  1. LPK Poundra jl. alba raya no.16a griya utama rancaekek bandung dekat stasiun rancaekek
  2. LKP Yani 40 Jl. Raya Rancaekek Garut no.492 Pangsor tlp.7796488
  3. Pusat kursus dan bimbel Ananda di jalan Raya Dangdeur Rancaekek Bandung
  4. Lembaga Kursus Nirmala Jl. Cicalengka Bar. No.299 (022) 70453278

 

Continue Reading

Baby SPA di Klinik Padjajaran Jatinangor

Saat Gibran berusia  4 bulan 16 hari, saya akhirnya bisa mengajak suami untuk bisa mengantar Gibran ke Baby Spa. Setelah  googling akhirnya kami meluncur ke Baby SPA klinik Padjajaran yang terletak di Jatinangor – dekat gerbang kampus Unpad.

Baby Spa di Klinik Padjajaran hanya bisa sampai bayi berusia 9 bulanan. Jadi, setelah itu Bunda bisa mencari tempat lain.

Untuk ke tempat ini apa saja yang harus dilakukan? Tentu kita harus reservasi terlebih dahulu sebab tempatnya sangat terbatas dan hanya mampu untuk 1 bayi persejam. Bunda bisa telp terlebih dahulu +62 22 7781900.

Banyak sekali manfaat loh Bun tentang baby spa, diantaranya seperti dikutip (https://goo.gl/3kaVPb):

  1. Pijat bayi dan peningkatan berat badan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa stimulasi pijat berkaitan erat dengan peningkatan berat badan anak. Dalam suatu studi oleh Field dkk, bayi prematur yang diberi stimulasi pijat menunjukkan kenaikan berat badan per hari 47% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi stimulasi.3 Pijat bayi diduga berpengaruh pada peningkatan aktivitas sistem saraf vagal dan motilitas (pergerakan) lambung yang menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien dan berat badan meningkat.4 Menariknya, efek pijat tersebut lebih besar ketika menggunakan minyak, seperti minyak kelapa (coconut oil), dan minyak bunga matahari (sunflower oil). Para ahli menduga hal ini disebabkan oleh penyerapan minyak ke permukaan kulit.5

  1. Pijat bayi dan perkembangan anak

Manfaat pijat bayi, terutama yang prematur, terhadap perkembangan di kemudian hari telah banyak dibuktikan. Bayi yang dipijat cenderung lebih matang, baik dari segi motor, orientasi, maupun perilaku. Bayi prematur yang dipijat dengan kekuatan sedang juga lebih jarang rewel, menangis, maupun menunjukkan perilaku stres lainnya.4

  1. Pijat bayi dan perbaikan pola tidur

Bayi yang mendapat terapi pijat umumnya lebih aktif, sadar (alert) dan menghabiskan jam tidur lebih sedikit. Suatu studi terhadap bayi prematur yang dipijat hingga usia 8 bulan menunjukkan bahwa pijat bayi meningkatkan kualitas tidur dan membuat bayi lebih sedikit terbangun saat jam tidur.6

  1. Pijat bayi dan kesehatan kulit

Manfaat pijat bagi kulit bayi didapatkan bila dilakukan menggunakan minyak. Pemberian minyak membantu menstabilkan suhu bayi dan mencegah hilangnya panas melalui kulit. Hal ini umumnya lebih bermanfaat bila dilakukan pada bayi prematur yang cenderung mudah mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal). Pemakaian minyak juga terbukti dapat memperbaiki tekstur kulit karena dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.4

  1. Pijat bayi dan proses bonding

Dalam suatu studi yang melibatkan 52 bayi di Korea Selatan, dibuktikan bahwa interaksi ibu-anak yang melakukan pijat bayi lebih baik dibandingkan kelompok ibu yang tidak melakukan pijat bayi. Melalui pijat bayi, ibu diberi kesempatan untuk mengenal bayi lebih dekat, dan membangun kelekatan (bonding). Dengan demikian, ibu dapat mengerti dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan bayi.7

Di Baby Spa klinik padjajaran. Sebelum di Baby spa terapisnya mengukur detak jantung setelahnya mengukur dengan teliti, panjang, berat badan dan tinggi badan.

Kedua, bayi di pijat-pijat.

ketiga, di masukan ke dalam kolam renang khusus bayi https://goo.gl/oEX1S5.

Saat Gibran dimasukan ke dalam kolam renang ini, saya senyum-senyum melihat tingkah laku apalagi saat kakinya mulai lincah digerak-gerakan. Bahagia itu sederhana seperti bahagia melihat Gibran ke sana ke sini gerak.

keempat, dibersihakan kembali dengan dimandikan

kelima, Gibran cakep deh 😀

Oya, bunda jika Bunda ingin ke Baby Spa klinik Padjajaran. Bunda hanya merogoh kocek 100.000. Selamat mencoba yaa Bunda

Continue Reading

Tips Lancar Memberikan ASI Ekslusif

Berbicara tentang ASI pasti semua sudah tahu manfaat dan pentingnya pemberian ASI secara ekslusif pada bayi.

Menurut Organisasi Kesehatan Sedunia WHO menilai ASI adalah sumber gizi terbaik bagi bayi dan batita atau bayi di bawah usia tiga tahun. WHO mengatakan ASI memberi manfaat kesehatan seumur hidup. Misalnya, menurut WHO – orang yang pernah mendapat ASI sewaktu bayi memiliki kemungkinan lebih kecil menghadapi masalah berat badan atau obesitas dalam hidupnya kelak. Mereka juga kurang rentan terhadap diabetes dan tampil lebih baik dalam uji kecerdasan bisa di baca selengkapnya nih bun http://www.voaindonesia.com/a/who-asi-sumber-gizi-terbaik-bagi-bayi/1719525.html

Nah, bagaimana caranya supaya kita bisa memberikan ASI kepada sang buah hati kita minimal ASI secara eklusif? Sebenarnya sih banyak cara namun di sini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman saya pribadi meskipun sekarang Gibran baru beranjak 5 bulan mudah-mudah saya bisa tamat minimal 6 bulan.

Gbr .www.sayangianak.com

1. Niat
Niat akan menentukan segalanya jadi awali dengan niat yang kuat serta selipkan dalam hati sebuah doa “Bismillah saya berniat ingin memberikan ASI secara ekslusif semooga Allah melancarkan segala niat saya”

2. Berjuang
Bunda jika niat itu sudah tertanam lalu “berjuang” dengan penuh kegigihan jangan patah semangat dan jangan gampang menyerah. Memang benar sekali dalam pemberian ASI itu ada kalanya masa krisis atau dikenal dengan masa di mana ASI sedikit faktornya banyak bisa stress, kurang dukungan, mastisis, abses payudara atau sebagainya.  Tapi, itu jangan menjadi halangan untuk Bunda tetap berjuang. Salah satunya Bunda bisa meminum herbal pelancar ASI seperti yang sudah saya coba; ASI Booster (ini sudah sy buktikan memang benar-benar meningkat melebihi 100%, bunda bisa dapatkan di IG: anitapelangi_ WA 085722996415, susu kambing etawa provit http://www.okeherbal.net, atau Mama Soya Busui (di indo Kids Borma).

3. Singkirkan susu formula

Mengapa kita harus menyingkirkan susu formula? Sebab biar kita tidak tergoda secuil pun jika semisalnya kita mengalami penurunan semangat untuk tidak memberikan ASI ekslusif. Dengan disingkirkannya susu formula dari pandangan kita maka pikiran kita akan terus mencari solusi bagaimana caranya ASI terus lancar.

4. Dukungan suami atau keluarga

Dukungan suami sangat teramat penting dalam hal ini. Jadi Bunda bisa membicarakan tentang hal dan meminta dukungan suami. Semangat serta dukungan dari suami sangat berpengaruh terhadap produksi ASI.

5. Sering disusukan

Sering disusukan maka ASI semakin diproduksi.

6. Masukilah komunitas Pejuang ASI

Banyak sekali forum atau komunitas yang sama-sama Pejuang ASI, Bunda tinggal search di google, Face Book, dan media sosial lainnya. Di sana biasanya banyak sekali pembahasan-pembahasan seputar ASI.

 

Selamat Berjuang yaa Bun, semoga bermanfaat

Continue Reading

Steril Botol IQ Baby Milk & Food Warmer Pemanas Botol Susu

Perlukah alat steril botol ? Kalau menurut saya sangat perlu terutama bagi yang malas cetrek kompor gas seperti saya :D.

Waktu mendekati kerja dan cuti melahirkan semakin habis. Saya panik karena belum ada persiapan. Inginnya ketika Gibran ditinggalin biar yang menjaganya gampang, saya kudu mempermudah salah satunya membeli alat steril botol.

Biasa saya pun googling sana sini menghabiskan berhari-hari cuman buat pingin tau merk steril apa yang murah tapi bagus.

Akhirnya jatuhlah saya pada pilihan alat steril IQ Baby Milk & Food Warmer Pemanas Botol Susu, kenapa saya memilih alat dengan merk ini? Selain hemat alasannya karna merk ini bisa menyetrilkan botol serta menghangatkan ASIP.
15839624_b

Oya, Moms alat ini memiliki 4 Fungsi dalam 1 alat :

  1. Menghangatkan susu dalam botol susu bayi dengan cepat & mudah
  2. Menghangatkan makanan bayi
  3. Fungsi sebagai alat sterilisasi
  4. Tambahan perlengkapan :

– Alat pemeras jeruk
– Mangkok pemeras jeruk
– Penutup

Cocok untuk semua botol susu yaa Moms

Bagi Moms yang kebetulan memiliki alat ini namun bingung cara menggunakannya. Kita langsung aja yaa.

Cara penggunaannya gampang kita langsung aja yuk Moms praktik menggunakan steril IQ Baby:

  1. Bersihkan botol yang akan di strelikan
  2. Saat akan menyetrelikan botol harus dalam keadaan kering
  3. Masukan air ke dalam alat steril usahakan ¾ atau secukupnya
  4. Putar ke dalam 100 o celcius
  5. Masukan botol lalu tunggu sampai lampu tidak menyala, botol siap dipakai

Oya, selain dapat menyetrilkan botol, alat IQ baby ini ternyata dapat memanaskan ASIP (Air Susu Ibu Perah)

Jika di simpan dalam pintu kulkas maka cukup putar  arah ke 40 o c

Namun jika ASIP disimpan ke dalam freezer Moms bisa putarkan ke arah 70 o c terlebih dahulu baru ke 40 o c, tapi bagusnya sebelum dipanaskan Moms cairkan terlebih dahulu ke pintu kulkas.

 

Selamat mencoba yaa Moms

 

 

Continue Reading

Pentingkah Stoller?

Stoller atau dikenal dengan kereta dorong bayi yang  fungsinya bisa untuk bayi tiduran, setengah tiduran, serta duduk. Saat saya berinisiatif ingin beli stoller banyak kontranya, kata ibu saya bahwa stoller hanya digunakan sebentar. Wuahh maklum saya baru memiliki anak, jadi kepinginlah stoller. Alhamdulillah dibelikan stoller oleh suami saya.

Niat pertama saya kenapa pingin stoller alasananya biar bisa dibawa jalan-jalan, ngejemur, juga buat nyimpen Gibran ditidurin (maklum belum bisa duduk) dan yang paling penting biar bisa sholat berjamaah.

Katanya gitu sih, kalau mau mendidik anak-anak harus dibiasakan sedini mungkin termasuk menyiapkan anak saya supaya bisa sholat. Yups, waktu Bapaknya lagi kerja saya sesekali sholat berjamaah dengan Gibran pakai stoller.

Kalau ada Bapaknya gak berani, soalnya dia sangat teliti kalau tidak dijagain. Paling nantilah diwaktu yang tenang saya akan merayunya supaya sholat berjamaah dengan Gibran (ditaruh di stoller).

Nih Moms, kalau memilih stoller hal yang paling diperhatkan adalah:

  1. Keamanannya
  2. Bahannya
  3. Kebutuhannya untuk apa stoller

Yang terakhir adalah moms harus teliti dan bertanya secara detail kepada penjual kalau bisa minta buku petunjuk stoller tersebut, biasa dalam petunjuk stoller tersebut terdapat spesifikasi.

Soalnya saya saat beli stoller sedikit ketipu 😀 kata penjual stoller tersebut mampu menampung bayi sampai berat 25 Kg tapi nyatanya pas saya liat di buku petunjuknya hanya mampu untuk 15 kg (gigit kerah). Tapi gak masalah toh kepake banget sama Gibran

Selamat melirik-lirik stoller yaa Moms

 

 

Continue Reading

Berjuang untuk ASI

Wuahh… gak kerasa Gibranku sudah masuk 3 bulan, banyak suka dan dukanya.

Untuk hal ini saya sebagai emaknya berjuang keras bagaimana caranya agar selalu memberikan Asi Ekslusif. Pernah ketika saya masih cuti kalau tidak salah saat gibran berusia 34 hari saya mengalami penyumbatan Asi (mastitis) betapa rasa sakit perih, panas dingin, serta gak enak badan.

Karena waktu emaknya ini kurang informasi akhirnya saya mengalami abses ini tingkatan akhir yang begitu perih.

Semestinya ketika saya mengalami mastitis saya harus rajin memompa (maklum waktu itu kurang persiapan dalam memilih pompa) saya pun minta bantuan pada suami saya untuk membelikan pompa Avent Philips (dalam hal ini mungkin terlalu tergiaur dari iklian 😀 tapi jujur pompa Avent Philips ini memang bagus).

Suami saya terus memberikan motivasi agar saya harus memberikan Asi Ekslusif bagaimana pun caranya. Mungkin tanpa dukungan suami, saya sudah menyerah di awal.

Setelah mengalami Abses Asi saya tidak lancar, sangat sedikit keluarnya. Hampir frustasi terlebih waktu itu saya sudah bekerja. Sangat sedih, tertekan karna Asi keluar sedikit.

Saya pun mencari info sana sini,  akhirnya tergiur juga dengan iklan. Akhirnya pun saya mencoba minum herbal ASI BOOSTER, merengek-rengeklah saya untuk dibelikan. Akhirnya, suami saya berusaha keras membeli Asi Booster. Setelah meminum 2 hari alhamdulillah Asi pun lancar kembali.

Gibran sekarang memasuki 3 bulan, dan saya kembali mengalami krisis Asi mungkin karna 3 hari berturut-turut saya tidak meminum Asi Booster serta saya mulai menyusut perjuangan untuk memberikan Asi.

Sekarang ketika Asi saya tidak lancar, saya harus berjuang kembali bagaimana caranya agar Asi saya lancar lagi. Salah satunya dengan minum Asi Booster, mencari lagi pepaya, juga tidak terlalu banyak memikirkan sesuatu yang tak pantas untuk dipikirkan Haha.

So… untuk emak-emak seperti saya, jangan berhenti untuk berjuang memberikan Asi Ekslusif… Semangat.

menyusui

 

Kalau perlu Asi Booster bolehlah Wa sy 085722996415 kebetulan sekarang sy pemakai sekaligus agen.

 

Continue Reading

Rumah Saya

Haii…

Perkenalkan saya Yunita Indriani ini rumah ketiga saya, insya Allah saya akan lebih aktif di sini.

Rumah ini merupakan perjalanan saya dalam berbisnis, menjadi emak, serta dalam mengajar di sekolah

Selain  mengajar, saat ini  saya mengurus anak satu-satunya bernama Gibran Habibie Arifin (nanti program lagi setelah ia beranjak 3 tahun hehe) juga suami yang suka manja kalau sudah berada di rumah.

Saya semenjak kecil sangat suka berbisnis dan memiliki online shop klik aja http://www.okeherbal.net (siapa tau mau beli he :D)

 

Jika ingin menambah persahabatan boleh

via www.facebook.com/dwinita.bintang

WA 085722996415

IG: yunita_indriani

 

 

Continue Reading