Guru SD Terpilih PembaTIK Level 4: Berbagi

Dunia pendidikan di Indonesia membutuhkan satu terobosan yang futuristik dalam menghadapi pandemi covid-19. Terutama dalam mendukung Sumber Daya Insani yaitu Tenaga Pendidik atau Guru di Sekolah untuk berkiprah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Teknologi merupakan media yang tepat dalam PJJ ini untuk menjadikan seorang Guru mampu berdaya saing. Guru menjadi garda terdepan pendidikan di Indonesia di masa pandemi covid 19. Maka diperlukan kemampuan yang mengintegrasikannya ke media digital. Dari setiap kemampuan tersebut harus dapat dibagikan (sharing) kepada seluruh guru di Indonesia.

Satu kebanggaan yang tak terhingga ketika proses yang sedang saya ikuti memberikan hasil yang tidak terduga. Proses ini adalah mengikuti PembaTIK 2020 (Pembelajaran berbasis TIK) yang merupakan program peningkatan kompetensi TIK bagi guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Dari sinilah kemudian saya mengikuti PembaTIK Level 4:Berbagi.

Alhamdulillah, sebagai guru SDN 3 Sidomulyo Kabupaten Pangandaran dan mewakili Kabupaten Pangandaran ini menjadi satu kebanggaan tersendiri. Selain saya dapat mendalami ilmu tentang TIK, tentu saja saya akan memiliki keluarga baru bersama Guru Hebat di seluruh Indonesia. Menjadi 30 peserta terpilih ke PembaTIK level 4: Berbagi, inilah sebuah narasi panjang dalam kehidupan saya. Guru SD yang siap berbagi.

Terpilihnya saya dalam PembaTIK Level 4 2020, saya mulai mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan harapan saya siap berbagi kepada seluruh guru di Indonesia melalui Portal Rumah Belajar. Sebagaimana harapan saya juga bahwa akses pembelajaran melalui digitalisasi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi guru-guru di Indonesia.

Tantangan mengoperasikan teknologi secara akademik, guru harus melek teknologi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Inilah PembaTIK. Juga peluang bagi guru untuk mengenalkan Portal Rumah Belajar secara masif sehingga pembelajaran dapat dimiliki oleh seluruh peserta didik. Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. (YI/2020)

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *