Organ Peredaran Darah Manusia

KD : 3.4 Memahami organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia


Darah memiliki peranan sangat penting dalam tubuh kita. Beberapa perannya adalah untuk mengedarkan sari-sari makanan (oleh plasma darah), mengedarkan gas oksigen (O2) dan mengangkut gas karbon dioksida (CO2) (oleh sel darah merah), mempertahankan tubuh dari serangan bibit penyakit (oleh sel darah putih), serta pembekuan darah (oleh keping-keping darah).

Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Tubuh kita memiliki dua sistem peredaran darah, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

  1. Peredaran darah kecil, darah mengalir dari jantung ke paru-paru, lalu kembali lagi ke jantung.
    Darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis.

Mari kita lihat bagan berikut:

Bilik Kanan –> Arteri Pulmonalis —> Paru-paru —> Vena Pulmonalis —> Serambi Kiri

2. Peredaran darah besar, darah mengalir
dari jantung ke seluruh tubuh, lalu kembali lagi ke jantung (kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung.

Darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbondioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan.

seperti tampak pada bagan berikut.

Bilik kiri –> arteri besar (aorta) –> arteri –> seluruh tubuh –> vena –>serambi kanan.

Peredaran atau aliran darah di dalam tubuh manusia terjadi melalui organ perderan darah yaitu jantung, pembuluh darah dan paru-paru.
Fungsi dari organ-organ tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Jantung
    Jantung memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh dengan cara berkontraksi danberelaksasi secara bergantian. Jantung terdiri dari atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Bagian-bagian jantung tampak pada gambar berikut.
gbr. https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

Cara kerja jantung:

a. Jika kedua serambi jantung mengembang, darah dari pembuluh balik akan masuk ke serambi

b. Jika kedua serambi menguncup dan balik mengembang, darah dari serambi masuk ke bilik

c. Jika kedua bilik menguncup, darah keluar dari balik (jantung) menuju ke pembuluh nadi. Darah dari bilik kiri mengalir ke pembuluh aorta, sedangkan darah dari balik kanan mengalir ke pembuluh nadi paru-paru.

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuhdan kembali lagi ke jantung.

Berdasarkan arah aliran pembuluh darah dibagi menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pembuluh nadi atau arteri adalah pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung.

Pembuluh balik atau vena ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung.

3. Paru-paru

Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida dibawa ke paru-paru melalui pembuluh darah. Bagian paru-paru yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas karbon dioksida dan oksigen adalah alveolus yang
memiliki banyak jaringan halus kapiler.

Sumber: Buku Siswa Kelas V Tema 4 “Sehat Itu Penting”, https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/, Sains untuk Kelas V Erlangga, Modul BDR AKI BAGI Kelas V

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *