Phobia Naik Pesawat

Bagi yang phobia ketinggian naik pesawat memang benar-benar gelisah, takut bilamana jatuh dan sebagaimananya. Sama halnya seperti saya. Takut pada ketinggian sudah saya alami semenjak masih SD. Jangan ditanya sekelas kincir angin saya pun takut apalagi naik pesawat (:P).

O, ya lebaran tahun ini kami mudik bareng Mas Gibran. Kami kehabisan  tiket kereta api. Yaah..dari pada lihat suami nangis bombay  dipojokan berhari-hari atau wajahnya murung karna tidak bisa mudik (pulang kampung), jadi dipilihlah via pesawat terbang dengan menggunakan Garuda.

Kami memilih via itu sebab kalau naik bis dari Bandung menuju Probolinggo (Jawa Timur) memakan waktu yang cukup lama ketimbang kereta api.

Saat itu, saya pun harus berhari-hari melawan ketakutan supaya tidak takut. Bunda Amie (teman yang ketemu sekali di acara ulang tahun majalah Nova) bilang kalau takut pada ketinggian cobalah naik pesawat. Wah, justru itu saya takut. Tapi saya harus menaklukan rasa takut itu.

Mungkin Bunda sama seperti saya phobia pada ketinggian dan takut naik pesawat berikut saya coba tulis berdasarkan pengalaman dan sekarang jadi ketagihan

  1. Alihkan pikiran kita, anggap bahwa naik pesawat itu sama seperti kita naik angkot, atau kereta api.
  2. Harus berani dan jangan menyerah.
  3. Jangan lupa berdoa
  4. Pilihlah posisi kursi di tengah, jangan ambil yang dekat jendela yaa Bun
  5. Tutup jendela (Jika sudah diizinkan sama pramugarinya)
  6. Ketika pesawat akan terbang alihkan pikiran kita seperti tidur, nonton TV, kalau bawa bayi ngobrol sama bayi, membaca, ngotak-ngatik mainan atau sebagainya. Waktu itu saya fokus dengan cara mengobrol dengan Mas Gibran, menyusuinya sesekali sambil nonton tv.
  7. Ketika berada di atas anggap bahwa sedang ada di darat
  8. Cobalah lihat sedikit demi sedikit ada pemandangan indah yang menakjubkan.

Waktu pesawat akan landing memberanikan diri  untuk melirik awan yang masih tersisa. Oh..menakjubkan awan-awan serupa kapas atau buah kapuk yang baru saja jatuh dan di buka, juga bangunan-bangunan tinggi, rumah seperti miniatur.

“Jika di bom, kita mau lari ke mana yaa”, sambil melirik suami saya.

Mendadak hening 🙂

Alhamdulllah setelah pengalaman tersebut saya malah ketagihan dan rasa takut pada ketinggian mulai berkurang.

Bagi Bunda yang masih takut seperti saya, tarik napas dan semoga selamat sampai tujuan. 🙂

Continue Reading

Jika Bayi Mengalami Demam

Ini adalah pengalaman saya ketika Mas Gibran mengalami panas tinggi di ukur menggunakan thermometer mencapai 39,50 c. Karna saya baru memiliki anak dan belum memiliki banyak pengalaman, paniklah saya waktu itu. Saya penyuka herbal dan saya mencoba membeli obat non herbal karna waktu itu kebetulan bidannya sedang tidak ada. Obat ini cukup manjur. Yups mama merekomendasikan untuk membeli baby sirop saya pun mencobanya harganya murah cuman Rp. 4500.

Ketika Mas Gibran demam, ada kesalahan fatal yang membuat demamnya itu tak kunjung turun meskipun saya sudah mencoba memberikan bawang merah ke tubuhnya. Kesalahan saya waktu itu memakaikan ia jaket tebal. Pikir sy kalau demam pasti dingin maka sy pun kasi ia jaket, dan alhasil deman gak turun-turun.

Wuah itu cerita pengalaman sy waktu itu. Baiklah sy rangkumkan pengalaman versi sy yang bener2 manjur menurunkan deman yang sy dapatkan dari yang sudah punya anak dan tukang pijit bayi.

  1. Jika demam jangan sekali-kali pakai jaket. Kalau perlu pakaikan kaos dalam saja. Jaket itu kan fungsinya untuk melindungi dari suhu dingin. Nah, posisi anak kita panas masa dikasih jaket makin tinggilah suhunya.
  2. Balurkan bawang merah dan ingat pakai minyak kelapa yaa karna minyak kelapa ini sensasinya dingin.
  3. Untuk pertolongan pertama bisa memberikan baby sirop. Baby sirop ini obat yang khusus untuk bayi dan anak-anak.
  4. Jika panas tidak turun juga segera hubungi dokter secepatnya.

Selamat mencoba yaa Bundaa semoga dedenya lekas sembuh..:)

Continue Reading

Mengandung Sering Muntah-muntah

Ketika mengandung tidak sama kondisinya dengan ibu-ibu hamil lainnya. Ada yang tidak mengalami muntah-muntah, ada juga yang muntah-muntah. Sama halnya seperti saya muntah-muntah sampai berumur 8 bulan.

Sensasinya begitu hebat, makan kadang sedikit. Kalau lagi lahap dikeluarkan begitu saja. Waktu itu saya masih mengajar bimbel dan terpaksa cuti dari usia kandungan 2 bulan sampai 6 bulan, dan lanjut lagi pas usiakandungan 7 bulan.

Pernah ketika perjalanan menuju rumah, naik angkot saya terpaksa berhenti ditengah jalan dan muntah-muntah di sisi jalan raya (trotoar), keringat dingin setelahnya.
Pengalaman lainnya yang masih teringat ada numpang WC orang yang gak dikenal.

Sebenarnya saya tidak terlalu suka obat meskipun itu vitamin, itu pun jika suami saya maksa. Saya tepaksa minum. Obat-obat serupa vitamin tiap bulannya bersisa lumayan padahal itu dibelinya tidak gratis (jangan ditiru yaa Bun hehe).

Orang-orang sudah beranggapan bahwa saya akan di ceaser karna ketika hamil tidak keliahatan seperti yang lainnya (kandungannya terlihat kecil).

Stress saat itu ada. Mood naik turun. Setiap bulan pun saya selalu cek kandungan selain bidan ke dokter kandungan Dr. Ali beliau berkata bahwa kandungan sy baik-baik saja.
Sy pun coba mencari referensi ke dokter lain, waktu itu sy ke Dr. Triana beliau berkata bahwa janin sy Nampak kecil. Makin sresslah saya Bun.

Saat Mas Gibran masih dalam kandungan, saya rutin meminum susu kambing etawa provit sehari kadang 2 gelas, kadang sehari 1 gelas dan 1 gelasnya minum susu prenagen.

Di dalam susu kambing etawa provit ini kandungannya setara dengan ASI.

  • Royall Jelly, untuk memperkuat dan meremajakan sel-sel tubuh
  • Zincum (Zn), untuk membentuk kekebalan tubuh
  • Mineral Alkaline, sangat baik untuk penderita maag kronis dan akut
  • Flourin + Betakasein, baik untuk penderita paru paru seperti asma, bronkitis, TBC, Pneumonia
  • A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial, pembentukan insulin sangat baik untuk penderita diabetes
  • Cynokobalamin, pembentukan zat HB (Hemoglobin) bagi penderita anemia, demam berdarah, dan thalassemia.
  • Kalium (K), untuk mengobati penderita darah tinggi (Hipertensi), dan sangat baik untuk keluhan darah rendah, mengatur fungsi kerja jantung, efektif menekan resiko terkena Arteriosklerosis
  • Enzim Xanthine Oxydase dan Niasin (Vit B3), bermanfaat membunuh sel kanker / tumor, dan efektif mengurangi efek toksis dari kemoterapi
  • Kalsium, mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan membantu pembentukan tulang
  • MCT (Medium Chain Trygliserida), berguna bagi yang menjalankan program Dietary dan penyembuhan akibat stroke
  • Lactogobulin, mencegah alergi akibat protein
  • Riboflavin (Vit B2) dan B3, memberi efek menumbuhkan kembangkan sel otak dan sel sistem syaraf sehingga menghindari keluhan sakit kepala seperti migrain dan baik pula untuk kecerdasan otak.Sampai saat ini pun ketika menyusui saya masih mengkonsumsi susu kambing etawa provit, Alhamdulillah berat badan Mas Gibran ideal.Jika Bunda penasaran, Bunda boleh membelinya di http://www.okeherbal.net atau Japri sy langsung ke WA 085722996415.

    Kembali bahasan saat sy masih mengadung. Suami sy selalu memberi semangat agar sy terus berpikir positif, memohon pada yang Maha Kuasa untuk dimudahkan lahiran. Alhamdulillah lahiran sy normal puji syukur.

    Do’a saat itu yang sering sy selipkan ketika mengandung

    ﺤﻨﺎ ﻭﻟﺪﺖ ﻤﺭﻴﻡ ﻭﻤﺭﻴﻡ ﻭﻟﺪﺖ ﻋﻴﺴﻰﺍﺨﺮﺝ ﺍﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺪ ﺒﻗﺪﺮﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺪ“
    HANNA WALADAT MARYAM WA MARYAM WALADAT ‘ISA UKHRUJ AYYUHAL MAULUD BIQUDROTIL MALIKIL MA’BUD.

    Artinya :
    Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allah) yang disembah”.

    Semoga Bunda yang sedang mengandung dilancarkan lahirannya dan semoga Bunda yang saat ini sedang menanti sang buah hati, semoga disegerakan oleh Allah SWT. Aamiin Yaa Rabballamiin

Continue Reading

Cara Membuat Sarung Stoller dengan Mudah

Bunda bingung liat stoller sarungnya kucel dan kumel? Pingin beli sarung stoller tapi dompet menipis atau pingin hemat?

Tenang aja Bun. Saya akan coba berbagi, ceritanya kemarin sore saat Mas Gibran lelap juga hujan turun begitu indahnya. Dahi saya mengeryit lantaran baru menyadari kalau bantalnya (tempat kursi stoller) Mas Gibran kucel dan kumel.

Saya jadi inget pernah liat ke toko peralatan bayi bahwa harga sarung stoller itu bisa mencapai 150ribuan. Liat dompet ini sudah masuk tanggal tua. “Sayang kalau mesti ngeluarin uang, lebih baik ditabung atau digunakan untuk hal lainnya”.

Nah gimana caranya? Langsung aja kita ke TKP

  1. Cari kain atau kerudung bekas yang tidak terpakai. Di sini berhubung stollernya Mas Gibran berwarna ungu, maka saya ambil kerudung yang tidak terpakai berwarna ungu.
  2. Ambil bantal stoller dan bawa kerudung atau kain bekas di atas bantal tersebut (ukurlah)
  3. Jahitlah menggunakan mesin jahit, sesuaikan dengan arah dan benruknya kasih jarak kira-kira 10 cm dari tepi. Jika Bunda belum memiliki mesin jahit, Bunda bisa gunakan jarum kecos.

  • Taraa….. sarung bantalnya sudah jadi. Pasti bangga kaan Bunda kalau buatan sendiri.
    Bagaimana Bun, di coba yuk 🙂
Continue Reading

Menjadi Mompreneur Siapa Takut?

Perubahan zaman sekarang tak dapat dipungkuri semakin cepat seiring dengan adanya teknologi salahsatunya adalah intenet. Hampir sebagian orang memiliki gadget berbasis android.

Persaingan golalisasi semakin ketat. Kalau kita tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan ini pasti dengan cepatnya tertinggal. Salahsatunya adalah dalam perekonomian.

Wanita zaman sekarang berbeda dengan wanita zaman dahulu. Dahulu wanita hanya berada di dapur dan mengurusi rumah tangga. Kini  banyak wanita yang sudah menikah berkarir selain menjadi Ibu Rumah Tangga.

Moms bisa berkarir tanpa meninggalkan tugas utama kita, salah satunya adalah menjadi Mompreneur.

gbr. extraordinarymompreneurcommunity

Apa itu Mompreneur?

Mompreneur sendiri berasal dari dua kata yaitu “mommy (ibu)” dan entrepreneur (wiraswasta). Artinya mompreneur adalah suatu sebutan yang ditujukan pada seorang ibu rumah tangga yang memiliki dan mengelola usahanya sendiri.

Dengan adanya Mompreneur ini diharapkan bisa menjadi pendorong dan memajukan perekonomian Indonesia terlebih sekarang sudah memasuki MEA.

Ternyata banyak manfaat yaa Moms menjadi Mompreneur diantarnya:

  1. Dapat menambah penghasilan dan bisa membantu suami
  2. menambah kepercayaan diri
  3. melatih kita lebih cekatan
  4. menambah kreatif
  5. menambah relasi
  6. meminalisir stres tentang masalah keuangan
  7. Ikut serta membantu perekonomian keluarga

Selain itu, dengan menjadi Mompreneur kita dapat membuat anak untuk tergerak bisa berwirausaha.

Bagaimana Moms? di coba yuk menjadi Mompreneur dengan memanfaatkan gadget dan internet..:)

 

Continue Reading

Kursus Menjahit, Yuk

Entah mengapa semenjak ada Gibran mendadak saya jadi kepingin bisa menjahit. Saya ceritain ke Bapaknya, ya ia manggut-manggut aja. Katanya, “Selama itu positif, apa yang ingin bunda lakukan yaa lakukan aja”.

Dia bertanya,”Kenapa bunda mendadak pingin bisa menjahit?”

“Sederhana sih ayah, bunda pingin buatin Gibran sama ayah dengan tangan bunda sendiri :D”
Dia senyum kecil.
Berbicara soal menjahit ternyata bun kalau kita bisa menjahit ternyata banyak manfaatnya loh, diantaranya:

    1. Menghemat biaya, lumayan kan bun uangnya bisa buat ditabung atau beli lipstick he
    2. Menambah ilmu keterampilan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diriseseorang.
    3. Menambah rasa bangga. Siapa sih yang gak bangga jika kita bisa buatkan baju untuk si kecil juga suami kita, terlebih baju itu di pakai. Wah rasanya seneng sekali yaa.. meskipun tidak sehebat tailor.
    4. Membuat waktu menjadi produktif yaitu memanfaatkan waktu luang
    5. Menghilangkan stress
    6. Meningkatkan kreatifitas
    7. Meningkatkan konsentrasi dan dapat meminimalisir kepikunan
    8. Menambah penghasilan. Ya, ini nilai plusnya siapa tahu ada yang kecantol memakai jasa kita hehe.. wuahh lipstick jadi nambah banyak deh.
foto http://kursusjogja.com

Bunda yang sama sekeinginan dengan saya khususnya di wilayah Rancaekek dan sekitar cicalengka ada beberapa lembaga yang menyediakan jasa menjahit diantarnya:

  1. LPK Poundra jl. alba raya no.16a griya utama rancaekek bandung dekat stasiun rancaekek
  2. LKP Yani 40 Jl. Raya Rancaekek Garut no.492 Pangsor tlp.7796488
  3. Pusat kursus dan bimbel Ananda di jalan Raya Dangdeur Rancaekek Bandung
  4. Lembaga Kursus Nirmala Jl. Cicalengka Bar. No.299 (022) 70453278

 

Continue Reading

Puisi Do’a untuk Putraku – Douglas Mac Arthur & Lir Ilir

Entah kenapa saya suka sekali dengan puisi ini. Semenjak mas Gibran masih dalam janin saya sering mendengarkan puisi ini dalam bentuk versi video yang dibacakan oleh Motivator terkenal Andrie Wongso.

Saat dalam janin bawaan saya pinginnya ingin belajar. Tapi agak malas beres-beres rumah (entah bawaan atau gimana g ngerti, hehe tapi jangan ditiru yaa bun) tapi setelah mau ke trimester akhir gak tahu kenapa jadi rajin (kalau yang ini entah dorongan) soalnya pada masa ini kita harus rajin gerak apalagi ngepel-ngepel lantai, kata teteh saya gitu sih katanya biar cepet lahirannya (kadang sering diomelin wkwkwk :D, tapi diomelin tentu untuk kebaikan saya sendiri).

Selain mendengarkan puisi Doa untuk Putraku, entah kenapa saya pun suka dengan tembang lir ilir yang ditembangkan oleh Emha Ainun Nadjib, hal ini gara-gara suami saya mendengarkan tembang ini sekali, lhah saya jadi ketularan.. :D.

Berikut puisi

Do’a untuk Putraku

Karya Douglas Mac Arthur

Tuhanku…
Bentuklah puteraku menjadi manusia yang cukup kuat untuk mengetahui kelemahannya.
Dan, berani menghadapi dirinya sendiri saat dalam ketakutan.
Manusia yang sabar dan tabah dalam kekalahan.
Tetap jujur dan rendah hati dalam kemenangan.

Bentuklah puteraku menjadi manusia yang berhasrat mewujudkan cita-citanya
dan tidak hanya tenggelam dalam angan-angannya saja.
Seorang Putera yang sadar bahwa
mengenal Engkau dan dirinya sendiri adalah landasan segala ilmu pengetahuan.

Tuhanku…
Aku mohon, janganlah pimpin puteraku di jalan yang mudah dan lunak.
Namun, tuntunlah dia di jalan yang penuh hambatan dan godaan, kesulitan dan tantangan.
Biarkan puteraku belajar untuk tetap berdiri di tengah badai
dan senantiasa belajar untuk mengasihi mereka yang tidak berdaya.

Ajarilah dia berhati tulus dan bercita-cita tinggi,
sanggup memimpin dirinya sendiri,
sebelum mempunyai kesempatan untuk memimpin orang lain.

Berikanlah hamba seorang putra
yang mengerti makna tawa ceria
tanpa melupakan makna tangis duka.
Putera yang berhasrat
untuk menggapai masa depan yang cerah
namun tak pernah melupakan masa lampau.

Dan, setelah semua menjadi miliknya…
Berikan dia cukup rasa humor
sehingga ia dapat bersikap sungguh-sungguh
namun tetap mampu menikmati hidupnya.

Tuhanku…
Berilah ia kerendahan hati…
Agar ia ingat akan kesederhanaan dan keagungan yang hakiki…
Pada sumber kearifan, kelemahlembutan, dan kekuatan yang sempurna…

Dan, pada akhirnya bila semua itu terwujud,
hamba, ayahnya, dengan berani berkata “hidupku tidaklah sia-sia”

Teks asli puisi :

A Father’s Prayer

by General Douglas MacArthur

Build me a son, O Lord, who will be strong enough
To know when he is weak and brave enough to face himself when he is afraid.
One who will be proud and unbending in honest defeat,
And humble, and gentle in victory.

Build me a son whose wishes will not take the place of deeds;
A son who will know Thee and that to know himself is the foundation stone of knowledge.
Lead him, I pray, not in the path of ease and comfort,
but under the stress and spur of difficulties and challenge.
Here, let him learn to stand up in the storm, here let him learn compassion for those that fail.

Build me a son whose heart will be clear, whose goal will be high,
a son who will master himself before he seeks to master other men,
one who will reach into the future, yet never forget the past.

And after all these things are his, add, I pray, enough of a sense of humor,
so that he may always be serious, yet never take himself too seriously.
Give him humility,
so that he may always remember the simplicity of true greatness, the open mind of true wisdom, and the meekness of true strength.

Then I, his father, will dare to whisper,
“I have not lived in vain.”

versi yang dibacakan Andrie Wongso

=====================================================

Lirik Lir ilir (Sunan Kali Jaga)

Lir-ilir, lir-ilir…
Tandure wis sumilir…
Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar…
Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi…
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro…

Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir…
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore…
Mumpung padhang rembulane,
mumpung jembar kalangane…
Yo surako… surak iyo…

terjemahan dalam bahasa Indonesia

Bangunlah, bangunlah
Tanaman sudah bersemi
Demikian menghijau bagaikan pengantin baru
Anak gembala, anak gembala panjatlah
(pohon) belimbing itu
Biar licin dan susah tetaplah kau panjat
untuk membasuh pakaianmu
Pakaianmu, pakaianmu terkoyak-koyak di bagian samping

Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore
Mumpung bulan bersinar terang,mumpung banyak waktu luang
Ayo bersoraklah dengan sorakan iya

Continue Reading

Baby SPA di Klinik Padjajaran Jatinangor

Saat Gibran berusia  4 bulan 16 hari, saya akhirnya bisa mengajak suami untuk bisa mengantar Gibran ke Baby Spa. Setelah  googling akhirnya kami meluncur ke Baby SPA klinik Padjajaran yang terletak di Jatinangor – dekat gerbang kampus Unpad.

Baby Spa di Klinik Padjajaran hanya bisa sampai bayi berusia 9 bulanan. Jadi, setelah itu Bunda bisa mencari tempat lain.

Untuk ke tempat ini apa saja yang harus dilakukan? Tentu kita harus reservasi terlebih dahulu sebab tempatnya sangat terbatas dan hanya mampu untuk 1 bayi persejam. Bunda bisa telp terlebih dahulu +62 22 7781900.

Banyak sekali manfaat loh Bun tentang baby spa, diantaranya seperti dikutip (https://goo.gl/3kaVPb):

  1. Pijat bayi dan peningkatan berat badan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa stimulasi pijat berkaitan erat dengan peningkatan berat badan anak. Dalam suatu studi oleh Field dkk, bayi prematur yang diberi stimulasi pijat menunjukkan kenaikan berat badan per hari 47% lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak diberi stimulasi.3 Pijat bayi diduga berpengaruh pada peningkatan aktivitas sistem saraf vagal dan motilitas (pergerakan) lambung yang menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien dan berat badan meningkat.4 Menariknya, efek pijat tersebut lebih besar ketika menggunakan minyak, seperti minyak kelapa (coconut oil), dan minyak bunga matahari (sunflower oil). Para ahli menduga hal ini disebabkan oleh penyerapan minyak ke permukaan kulit.5

  1. Pijat bayi dan perkembangan anak

Manfaat pijat bayi, terutama yang prematur, terhadap perkembangan di kemudian hari telah banyak dibuktikan. Bayi yang dipijat cenderung lebih matang, baik dari segi motor, orientasi, maupun perilaku. Bayi prematur yang dipijat dengan kekuatan sedang juga lebih jarang rewel, menangis, maupun menunjukkan perilaku stres lainnya.4

  1. Pijat bayi dan perbaikan pola tidur

Bayi yang mendapat terapi pijat umumnya lebih aktif, sadar (alert) dan menghabiskan jam tidur lebih sedikit. Suatu studi terhadap bayi prematur yang dipijat hingga usia 8 bulan menunjukkan bahwa pijat bayi meningkatkan kualitas tidur dan membuat bayi lebih sedikit terbangun saat jam tidur.6

  1. Pijat bayi dan kesehatan kulit

Manfaat pijat bagi kulit bayi didapatkan bila dilakukan menggunakan minyak. Pemberian minyak membantu menstabilkan suhu bayi dan mencegah hilangnya panas melalui kulit. Hal ini umumnya lebih bermanfaat bila dilakukan pada bayi prematur yang cenderung mudah mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal). Pemakaian minyak juga terbukti dapat memperbaiki tekstur kulit karena dapat mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.4

  1. Pijat bayi dan proses bonding

Dalam suatu studi yang melibatkan 52 bayi di Korea Selatan, dibuktikan bahwa interaksi ibu-anak yang melakukan pijat bayi lebih baik dibandingkan kelompok ibu yang tidak melakukan pijat bayi. Melalui pijat bayi, ibu diberi kesempatan untuk mengenal bayi lebih dekat, dan membangun kelekatan (bonding). Dengan demikian, ibu dapat mengerti dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan bayi.7

Di Baby Spa klinik padjajaran. Sebelum di Baby spa terapisnya mengukur detak jantung setelahnya mengukur dengan teliti, panjang, berat badan dan tinggi badan.

Kedua, bayi di pijat-pijat.

ketiga, di masukan ke dalam kolam renang khusus bayi https://goo.gl/oEX1S5.

Saat Gibran dimasukan ke dalam kolam renang ini, saya senyum-senyum melihat tingkah laku apalagi saat kakinya mulai lincah digerak-gerakan. Bahagia itu sederhana seperti bahagia melihat Gibran ke sana ke sini gerak.

keempat, dibersihakan kembali dengan dimandikan

kelima, Gibran cakep deh 😀

Oya, bunda jika Bunda ingin ke Baby Spa klinik Padjajaran. Bunda hanya merogoh kocek 100.000. Selamat mencoba yaa Bunda

Continue Reading

Tips Lancar Memberikan ASI Ekslusif

Berbicara tentang ASI pasti semua sudah tahu manfaat dan pentingnya pemberian ASI secara ekslusif pada bayi.

Menurut Organisasi Kesehatan Sedunia WHO menilai ASI adalah sumber gizi terbaik bagi bayi dan batita atau bayi di bawah usia tiga tahun. WHO mengatakan ASI memberi manfaat kesehatan seumur hidup. Misalnya, menurut WHO – orang yang pernah mendapat ASI sewaktu bayi memiliki kemungkinan lebih kecil menghadapi masalah berat badan atau obesitas dalam hidupnya kelak. Mereka juga kurang rentan terhadap diabetes dan tampil lebih baik dalam uji kecerdasan bisa di baca selengkapnya nih bun http://www.voaindonesia.com/a/who-asi-sumber-gizi-terbaik-bagi-bayi/1719525.html

Nah, bagaimana caranya supaya kita bisa memberikan ASI kepada sang buah hati kita minimal ASI secara eklusif? Sebenarnya sih banyak cara namun di sini saya akan berbagi tips berdasarkan pengalaman saya pribadi meskipun sekarang Gibran baru beranjak 5 bulan mudah-mudah saya bisa tamat minimal 6 bulan.

Gbr .www.sayangianak.com

1. Niat
Niat akan menentukan segalanya jadi awali dengan niat yang kuat serta selipkan dalam hati sebuah doa “Bismillah saya berniat ingin memberikan ASI secara ekslusif semooga Allah melancarkan segala niat saya”

2. Berjuang
Bunda jika niat itu sudah tertanam lalu “berjuang” dengan penuh kegigihan jangan patah semangat dan jangan gampang menyerah. Memang benar sekali dalam pemberian ASI itu ada kalanya masa krisis atau dikenal dengan masa di mana ASI sedikit faktornya banyak bisa stress, kurang dukungan, mastisis, abses payudara atau sebagainya.  Tapi, itu jangan menjadi halangan untuk Bunda tetap berjuang. Salah satunya Bunda bisa meminum herbal pelancar ASI seperti yang sudah saya coba; ASI Booster (ini sudah sy buktikan memang benar-benar meningkat melebihi 100%, bunda bisa dapatkan di IG: anitapelangi_ WA 085722996415, susu kambing etawa provit http://www.okeherbal.net, atau Mama Soya Busui (di indo Kids Borma).

3. Singkirkan susu formula

Mengapa kita harus menyingkirkan susu formula? Sebab biar kita tidak tergoda secuil pun jika semisalnya kita mengalami penurunan semangat untuk tidak memberikan ASI ekslusif. Dengan disingkirkannya susu formula dari pandangan kita maka pikiran kita akan terus mencari solusi bagaimana caranya ASI terus lancar.

4. Dukungan suami atau keluarga

Dukungan suami sangat teramat penting dalam hal ini. Jadi Bunda bisa membicarakan tentang hal dan meminta dukungan suami. Semangat serta dukungan dari suami sangat berpengaruh terhadap produksi ASI.

5. Sering disusukan

Sering disusukan maka ASI semakin diproduksi.

6. Masukilah komunitas Pejuang ASI

Banyak sekali forum atau komunitas yang sama-sama Pejuang ASI, Bunda tinggal search di google, Face Book, dan media sosial lainnya. Di sana biasanya banyak sekali pembahasan-pembahasan seputar ASI.

 

Selamat Berjuang yaa Bun, semoga bermanfaat

Continue Reading