Pembatik Level 4, Berbagi (ke-1) “Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh Tapi Tidak Jenuh”

Pembelajaran Abad 21 membutuhkan solusi efektif dan menumbuhkan literasi digital yang efisien. Ketersediaan sumber daya insani yang aktif dan memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran di sekolah masih membutuhkan langkah konkrit. Sementara itu keadaan di masa pandemi covid 19 menjadikan pembelajaran semakin tak terarah karena guru-guru belum siap untuk mengikuti pembelajaran daring.

Sedangkan pembelajaran daring sudah wajib dilaksanakan dengan sangat ‘keterpaksaan’ yang tidak diinginkan tentunya. Setiap guru perlu menggunakan media digital untuk proses pembelajaran. Keengganan guru untuk ‘mengulik’ materi di dunia digital karena merasa belum siap dan belum tahu langkah-langkahnya.

Jika dilakukan secara masif dalam proses sosialisasi tentang Portal Rumah Belajar maka dapat dipastikan akan menjadi ‘langkah konkrit’ dan ‘meringankan’ bagi guru-guru dan peserta didik.

Kesiapan itu perlu dilakukan ‘sosialisasi’. Dengan demikian, pentingnya parade sosialisasi ini. Balad Sahabat Rumah Belajar Nepungan (BASAJAN) hadir dengan solusi efektifnya untuk pembelajaran daring.

Kampanye dari BASAJAN

A. Persiapan

Awal mula kami menyediakan flyer sebagai informasi kepada peserta untuk bergabung dalam BASAJAN ini. Flyer yang dishare ke Instagram terintegasi ke Facebook, agar teman-teman kami bisa mengikuti kegiatan BASAJAN ini lebih awal melalui Youtube.

B. Pelaksanaan

Pelaksanaan pada hari Sabtu, 26 September 2020, waktu yang tepat untuk disampaikan kepada guru-guru hebat. Semua Sahabat Rumah Belajar yang tergabung sebagai SRIKANDI Squad ini yaitu:

  1. Ai Hikmawati, M.Pd.

“Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran STEM pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan”

2. Yati Nurhayati, S.Pd. (SMA NEGERI 26 Kota Bandung)

“Pembelajaran menggunakan model flipped classroom diintegrasikan dengan Edugame Rumah Belajar”

3. Yunita Indriani, S.Pd. (SD NEGERI 3 Sidomulyo)

“PJJ: Belajar Asyik live streaming Youtube menggunakan Aplikasi Streamyard Terintegrasi Portal Rumah Belajar”

4. Wulansari Retnaasih, S.Pd., M.Pd. (SMA NEGERI 2 GARUT)

“Microsoft Sway sebagai Alternatif Media Pembelajaran”

5. Tina Sundari, S.Pd., M.Pd. (SMK NEGERI 1 CISARUA KBB)

“Pembelajaran Model FCR via WA dengan Mengintegrasikan Rumah Belajar”

6. Wahyu Nur Hidayati (SDN CITARIK I)

“Pemanfaatan Kelas Maya dalam portal Rumah Belajar dalam rangka pengenalan literasi digital pada siswa tingkat dasar”

Pada bagian BASAJAN ini saya menyampaikan tentang PJJ: Belajar Asyik live streaming Youtube menggunakan Aplikasi Streamyard. Dari materi ini, secara saya mengarahkan guru-guru untuk menyampaikan materi-materi belajarnya melalui aplikasi yang belum banyak dikenal namun efektif untuk dijadikan ‘satu langkah yang memberikan kemudahan.’

Materi ini pula memberikan opsi bagi guru untuk dapat menggunakan semaksimal mungkin aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Portal Rumah Belajar. Kehadiran Portal Rumah Belajar sebagai alternatif yang tepat bagi guru-guru untuk memberikan akses kepada peserta didik.

Dengan demikian, aplikasi Streamyard yang bisa live streaming dapat dijadikan solusi. Guru membuka aplikasinya dan materi yang disampaikan bersumber dari Rumah Portal Belajar.

Mengoptimalkan Rumah Portal Belajar dari aplikasi Streamyard merupakan bagian dari guru-guru hebat mengaplikasikan technology by utilization. Karena ketersediaannya sudah disediakan dan siap digunakan dalam proses pembelajaran, tentunya dapat memudahkan guru-guru berkreasi dalam pembelajarannya.

C. Evaluasi

Kegiatan ini membutuhkan proses berkelanjutan, jadi diharapkan setelah BASAJAN ini guru-guru mampu mengoperasionalkan secara mandiri untuk proses pembelajarannya. Kami sangat yakin, karena melalui Rumah Portal Belajar, guru dan peserta didik dapat menggunakannya sebagai tagline semua bisa belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

Daftar hadir peserta dari kegiatan ini dapat diakses DAFTAR HADIR PESERTA

Pembelajaran Jarak Jauh Tapi Tidak Jenuh

Demikian saya menyimpulkan dalam kegiatan BASAJAN ini. Tidak ada kata jenuh walaupun pembelajaran jarak jauh. Karena Rumah Portal Belajar sudah hadir sebagai solusi dari anak negeri. Semua materi dari Srikandi Squad sangat tepat dan kehadirannya menjadi alternatif-solutif. [YI/2020}

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *