Sepenggal Cerita Menjadi Instruktur VCT Jabar Batch 6

Siang itu saat matahari mengambang di atas atap rumah, mojok berselancar dan tidak sengaja membuka beberapa group, ada pesan menarik yang dibagikan oleh Bpk. Saefudin (PJ Wilayah VCT) isi pesannya adalah rekrutmen menjadi intrusktur VCT Jabar Batch 6.

Saya pun ikut serta meramaikan. Syarat untuk menjadi instruktur adalah mengisi form, membuat flyer dan menuliskan seputar kegiatan VCT di blog atau web. Tanpa pikir panjang saya pun melengkapinya. Kebetulan batas akhir tinggal 1 hari. Setelah mendaftar kurang lebih 3 minggu saya menunggu cemas.

Tepat tanggal 6 April 2020, akhirnya saya dimasukan ke dalam group instruktur VCT Batch 6. Senang, saat itu perasaan saya sebab itu merupakan pengalaman pertama yang sangat berharga. Saya merupakan alumni VCT Jabar Batch 3 dengan intruktur Ibu Nenny dan PJ Wilayah Bpk. Saefudin Zuchri. Tentunya saya sangat berterimakasih kepada beliau dengan sabar dan membimbing hingga saya sampai saat ini.

Percakapan dengan Ibu Nenny, sebagai Instruktur yang paling sabar membimbing

Dari kesabaran beliau saya belajar untuk melayani. Manfaat terbesar adalah salah satunya bahwa saya banyak belajar dan bertemu dengan guru-guru hebat yang memiliki semangat tinggi untuk menjadi guru yang maju.

Ibu Renny selaku Penanggung Jawab KCD 13 memberikan amanah supaya saya bisa memfasilitasi sebanyak 23 peserta dan dibuatlah group kecil, awalnya group G namun selang beberapa hari group tersebut harus digabung dengan group lain kebetulan saya berpartner dengan Ibu Idah Rosidah jadilah group C. Meskipun digabung untuk instruktur beserta peserta kita sepakat di awal, sesuai daftar peserta. Dari 23 peserta hanya 11 peserta yang bertahan dan berkomitmen untuk melanjutkan sampai akhir. Sebenarnya, berapapun kesulitan selama ada niat, Allah akan memberikan jalan.

Saya selalu menyarankan untuk tetap solid dan saling membantu antarlainnya demi lulus bersama. Alhamdulillah tepat tanggal 25 April 2020 semua peserta selesai diseminasi. Suatu kebanggaan bagi saya bisa melihat dan menghantarkan sampai selesai di penugasan.

Kegiatan VCT diantaranya teknik rekrutmen peserta secara online, flayer digital, presensi online, menulis kegiatan yang menarik, mengkreasi dan mengelola room webex, teknik menjadi host, moderator, dan presenter secara online, berkreasi dengan QR code, merekam dan mengupload kegiatan pelatihan ke youtube.

Berikut beberapa kegiatan selama pelatihan

Membuat Flayer
Vicon saat menjadi host, moderator, dan presenter
Diseminasi

Beberapa peserta yang berhasil menuntaskan penugasan:

Tugas sudah selesai tinggal menunggu sertifikat. Saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan instruktur khususnya IN KCD 13 yang solid dan saling membantu, Ibu Renny selaku PJ Wil 13, Ibu Nenny dan Bpk Saefudin Zuchri (selaku instruktur dan PJ Wil VCT Batch 3 saat saya menjadi peserta), serta kepada rekan-rekan Bapak Ibu peserta VCT Batch 6-13 mohon maaf ya bila saya banyak kekurangan dalam melayani. Sampai jumpa di episode selanjutnya.

Semangat dan jangan pernah berhenti berkarya ^__^.

You may also like

4 Comments

  1. Pertama kali mengenal pribadi yang tak kenal lelah pantang menyerah, Alhamdulillah….Allah memberi kesempatan untuk mengenal instruktur seperri Bu Yunita…Jazakillah khair

    Alhamdulillah juga saya bisa mengenal teman2 terhebat, sedia membantu, memotivasi seperti Pak Joni dan Pak Ivan…Jazakumullah khair

    Barakallahu fii umrik, fii rizky, fil ilmi
    😍

    1. Sama sama yaa Ibu, Alhamdulillah saya pun berterimakasih pada Allah SWT sebab di wadah VCT ini saya pun bertemu dengan Ibu, yang mana kedepannya saya nanti akan banyak belajar dari pengalaman Ibu tentang Pangandaran dan dunia pendidikan. Sehat terus yaa Ibuku,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *