Tentang Chrisye

Dengan adanya film Chrisye ini, lagu-lagu crisye yang tlah dulu mem-booming sekarang mem-booming lagi. Semasa masih kuliah dulu penyuka lagu-lagu Chrisye, penjiwaan dalam menyanyikan lagu serta lirik syairnya begitu bagus itulah yang menyebabkan saya suka.

Gbr. https://id.wikipedia.org

Diantaranya lagu ini, ketika tangan dan kaki berkata, setelah mendengarkan lagu ini sama seperti ingin lebih dekat dengan-Nya. Akhir-akhir ini aktivitas seperti pekerjaan, menjadi ibu rumah tangga, mengurusi Mas Gibran, suami dan banyak hal lainnya membuat saya jauh denganNya. Bisa dikatakan  hampir melupakan rutinitas sholat hanya sekedar sholat.

Teringat tentang beberapa penggalan puisinya Gusmus ‘Selamat Tahun Baru Kawan”

‘Shalat kita rasanya lebih buruk dari senam ibu-ibu
Lebih cepat dari pada menghirup kopi panas dan lebih ramai daripada lamunan 1000 anak pemuda.
Doa kita sesudahnya justru lebih serius memohon enak hidup di dunia dan bahagia di surga.

Nyaris hampir menjauh dengan-Nya. Pengalaman spritual seseorang itu berbeda, ada yang dapat musibah baru lebih dekat dengan-Nya, berdo’a ketika memiliki keingian kuat, mendengar atau membaca kisah-kisah dari pengalaman spritual orang-orang  dan banyak halnya. Adapun dengan cara mendengarkan musik religi hati kita bisa tergugah.

Semalam ada teman yang share di salah satu group tentang lagu Chrisye “Ketika Tangan dan Kaki Berkata” yang setelah membaca share dari Whastapp tentang di balik cerita dalam membuat lagu itu sayapun jadi ingin mendengarkan lagu tersebut.

Beginilah isi sharenya:

Chrisye, Taufik Ismail dan Surat Yaasiin: 65

Suatu saat, Alm. Chrisye sang penyanyi legendaris Indonesia minta Taufiq Ismail untuk menuliskan syair religi untuk satu lagunya. Dan disanggupi sebulan. Ternyata, minggu pertama macet, tidak ada ide. Minggu kedua macet, ketiga macet hingga menjelang hari terakhir masih juga tidak ada ide.

Taufiq gelisah dan berniat telpon Chrisye dan bilang, “Chris maaf, macet!”
Namun di malam harinya, Taufiq mengaji. Ketika sampai ayat 65 surat Yaasiin dia berhenti. Makna ayat ini tentang Hari Pengadilan Akhir ini luar biasa, kata Taufiq. Dan segera dia pindahkan pesan ayat tersebut ke dalam lirik-lirik lagu.
Ketika pita rekaman itu sudah di tangan Chrisye, terjadi hal yang tidak biasa. Ketika berlatih di kamar, baru dua baris Chrisye menangis, mencoba lagi, menangis lagi. Dan begitu berkali-kali.

Menurut Chrisye, lirik yang dibuat adalah satu-satunya lirik paling dahsyat sepanjang karirnya. Ada kekuatan misterius yang mencekam dan menggetarkan. Setiap menyanyi dua baris, air mata sudah membanjir. Yanti, istri Chrisye, sampai syok melihat hal tidak biasa tersebut.

Lirik lagu tersebut begitu merasuk kalbu dan menghadapkan kenyataan betapa manusia tidak berdaya ketika hari akhir tiba.
Sepanjang malam dia gelisah, lalu ditelponlah Taufiq dan diceritakan kegelisahannya. Taufiq mengatakan bahwa lirik lagu tersebut diilhami surat Yaasiin: 65. Disarankan kepada Chrisye, agar tenang.

Di studio rekaman hal itu terjadi lagi. Chrisye mencoba, tetapi baru dua baris sudah menangis. Dan berulang kali hasilnya sama. Erwin Gutawa yang menunggu sampai senewen. Yanti lalu shalat untuk khusus mendoakannya.
Akhirnya dengan susah payah, Chrisye berhasil menyanyikannya hingga selesai. Rekaman itu sekali jadi, tidak diulang karena Chrisye tak sanggup menyanyikannya lagi.

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan” [QS. Yaasiin(36): 65]

KETIKA TANGAN DAN KAKI BERKATA

Lirik: Taufiq Ismail
Lagu: Chrisye

Akan datang hari mulut dikunci
Kata tak ada lagi
Akan tiba masa tak ada suara
Dari mulut kita
Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
Tidak tahu kita bila harinya
Tanggung jawab tiba
Rabbanaa
Tangan kami
Kaki kami
Mulut kami
Mata hati kami
Luruskanlah
Kukuhkanlah
Di jalan cahaya … sempurna.
Mohon karunia
kepada kami
hamba-Mu … yang hina.

MENURUT ISTRI ALMARHUM, SEJAK SAAT ITU CHRISYE YANG MUALLAF TIDAK PERNAH LAGI MENINGGALKAN juga SHOLAT DAN TIDAK PERNAH SANGGUP MENYANYIKAN LAGU ITU LAGI.

Dari share Whats app tersebut membuat saya ingin mendengarkan lagu-lagu Chrisye yang hampir terlupakan oleh saya salah satunya lagu  yang ini.

Semoga dengan segala kesibukan kita tidak mengurangi kita untuk lebih dekat dengan-Nya dan kita semua diberikan kenikmatan serta kemudahan agar bisa lebih dekat dengan-Nya sehingga keimanan kita stabil. Amiin Yaa Rabballamiin

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *